blog-indonesia.com JAGA-PELIHARA-LESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP INI - BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA, TANAM TANAMAN PADA LAHAN KOSONG, MINIMALISIR PENGGUNAAN AIR BERSIH, KURANGI BERKENDARAAN blog-indonesia.com

Kamis, 17 Desember 2009

Hubungan Memancing Dengan Berbisnis

Ada beberapa keuntungan apabila kita rutin meluangkan waktu memancing bagi perkembangan bisnis, antara lain :
  1. Melatih Konsentrasi. Pada saat memancing, kita harus mengkonsentrasikan pikiran kita agar umpan tidak begitu saja disambar oleh ikan dan melarikan diri. 
  2. Melatih Kesabaran. Terkadang pada saat umpan diturunkan ke air, memerlukan waktu sebelum umpan benar-benar menarik perhatian ikan untuk dimakan. Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan, tapi hal ini akan bermanfaat melatih kesabaran kita. 
  3. Menggunakan Umpan yang tepat. Agar ikan menyambar umpan yang telah kita pasang, maka kita harus mengetahui jenis umpan seperti apa yang nantinya disukai ikan tersebut. 
  4. Menggunakan Peralatan yang tepat. Stick pancing, tali serta pengait umpan yang tepat bisa membantu dalam memudahkan menangkap ikan. Stick yang kaku dan tidak lentur akan mudah patah, tali yang kuat akan memberikan pengaruh pada saat tergesek batu atau karang agar tidak mudah putus. 
  5. Mencari Daerah yang disukai ikan. Tidak semua tempat didalam kolam disukai ikan, seringkali ikan bergerombol ditempat yang teduh atau ditempat dimana ada arusnya.

Timing yang tepat dalam pengambilan keputusan bisnis sangat menentukan keberhasilan sebuah transaksi. Hal ini memerlukan latihan berulang-ulang agar secara naluriah kita bisa merasakan nya dan menikmatinya. Untuk melatihnya kita bisa mengaplikasikan tips-tips diatas dalam menjalankan bisnis dan lihat apa yang akan terjadi setelahnya.

Selasa, 15 Desember 2009

Teknik Mengikat Kail

Cara membuat rangkaian pancing :

· Sediakan kenur leader (pengikat kail) sekitar 50 cm dan kili-kili, masukkan ujung kenur dua kali (2x), sisi yang berujung pendek +/- 15 cm. (gambar “a”).

· Dengan sisi yang panjang, lilitkan sebanyak 10x (b) masukkan ujungnya ke celah tekukan kenur. Tahan sisi pendek tarik sisi panjang sampai mengetat (c).

· Simpulkan kedua ujungnya secara renggang +/- 20 lilitan simpul (d). Buat celah di tengah lilitan simpul tadi, lalu masukkan mulai dari kili-kilinya hingga rapat di batas ikatan pertama yang mengetat (e).

· Tarik perlahan-lahan kedua ujungnya, bantu meratakan dengan jari sampai ketat (f). Sampai di sini berarti telah dapat dihasilkan rangkai pancing 2 cabang.

· Untuk membuat 3 cabang dst. Ambil bagian kenur yang panjang, tekuk kenur simpulkan 3~5x (g), atur jarak ikatan ini dengan kili-kili ini lebih pendek dari sisi yang satunya. Ketatkan simpul tersebut, potong rata hingga seperti gambar (h).

· Ulangi menyimpul renggang 20 lilitan seperti pada (d) tadi dan masukkan ke celah lilitan mulai dari kili-kili hingga batas ikatan mengetat yang kedua (i).

· Tarik kedua ujung perlahan-lahan, ratakan hasil ikatan yang mengetat bila perlu bantu dengan jari. Hingga akhirnya terbuatlah rangkaian 3 cabang (j).

Untuk membuat 4, 5 cabang dst., gunakan kenur leader lebih panjang lagi dan pada saat membuat simpul seperti gambar (g) potonglah kenur hingga menghasilkan sisi pendek kira-kira 15 cm dan sisanya menjadi sisi yang panjang untuk membuat cabang selanjutnya.



ilustrasi cara mengikat kail Cara mengikat kail :
I. Tekuk kenur pengikat kail, satukan dengan mata kailnya dan pegang dengan ibu jari dan telunjuk kiri.
II Buat lilitan hingga batang kail dan tekukan kenur masuk ke dalam lilitan.
III Lilitan untuk leader yang agak besar cukup 5 lilitan, semakin kecil ukuran leader semakin banyak jumlah lilitannya.
IIII Tarik ujung dan pangkal kenur hingga mengetat.
Periksa apakah ikatan yang mengetat tadi masih dapat meloloskan kenur, bila masih sebaiknya ulangi lagi. Maksimalkan kekuatan ikatan dengan meneteskan power glue.
Kenur yang dipakai membuat rangkaian sebaiknya menggunakan kenur khusus leader atau untuk mengikat kail, biasanya warnanya hitam, agar tidak mudah melintir.
Diameter kenur sesuaikan dengan kebutuhan dan nomor kail. Kail kecil dengan kenur yang kecil atau sebaliknya.

Percaya Atau Tidak Terserah Anda

(Anda tidak dianjurkan untuk mengamalkan atau mempercayai sepenuhnya petua-petua ini, cukup sekadar anda jadikan sebagai referensi saja. Jikalaupun ini menjadi kebiasaan yang sering anda lakukan ya terserah anda,semuanya kembali lagi kepada kita untuk mempercai atau tidak)
(Anda tidak dianjurkan untuk mengamalkan atau mempercayai sepenuhnya petua-petua ini, cukup sekadar anda jadikan sebagai referensi saja. Jikalaupun ini menjadi kebiasaan yang sering anda lakukan ya terserah anda,semuanya kembali lagi kepada kita untuk mempercai atau tidak)

Mengekalkan Kesegaran Ikan
Untuk mengelakkan ikan akan busuk/rusak jika kita tidak mempunyai kelengkapan, Ikan anda itu perlu disiang dan dibuang segala isi perut, tahi, dan sisiknya. Tapi ingat ikan tidak boleh dibasuh dengan air. Selepas disiang, biarkan ikan tersebut berdarah lalu dibalut dengan kertas suratkabar seekor demi seekor.(jangan dicampur 2 – 3 ekor sebungkus) Selepas itu letakkan bungkusan itu pada tempat yang teduh. Ikan tersebut akan tetap segar walaupun dibungkus selama 24 jam.

Daun Sirih/Tembakau Rokok
Kita sering mendengar pemancing akan menghadapi masalah menaikan pari bila ia nempel dipasir. Caranya mudah gunakan daun sirih/ tembakau rokok (dibasahkan) lalu digosok pada tali pancing hingga berbunyi. Pari akan rasa ngilu dan serta merta melepaskan lekapannya pada pasir.

Telur Rebus & Pulut Kuning
Jangan membawa sebarang makanan berdarah seperti daging atau ayam semasa memancing. Begitu juga jangan sesekali membawa bekalan telur rebus dan pulut kuning. ’Laut tempatnya keras,kedua-dua makanan itu ada kaitan dengan amalan membuang sesajen.

Kunyit & Tepung
Jika memancing disungai yang ada buayanya, jangan gunakan umpan tepung yang digaul dengan kunyit. Buaya tidak suka bau kunyit dan ia akan ‘mengamuk’ dan ini boleh mendatangkan bahaya kepada pemancing.

Melangkahi Joran Pancing
Petua ini menjadi ikutan banyak pemancing sampai hari ini. Larangan melangkahi joran adakalanya menjadi satu perdebatan sesama rakan pancing. Apa yang sering dikatakan joran pancing ‘suwei’ apabila kena langkah dan hasil tangkapan akan meleset.

Mulut
Larangan paling utama dalam aktivitas memancing. Mulut jangan omong besar, takabur, celungap dan suka menyumpah. Jangan suka menegur sesuatu yang tidak pasti spt. bau wangi dan sebagainya. Mulut jangan terlalu suka berjenaka dan bersenda gurau berlebihan ditakuti suka akan membawa duka. Jangan suka buat bising.

Meludah Umpan
Petua ini turut menjadi amalan hingga kini. Ada yang melakukan pada umpan yang pertama didalam aktivitas memancing dan ada yang sentiasa meludah setiap kali mengganti umpan baru. Ada yang beranggapan untuk isyarat membuang ‘suwei’ dan ada yang kata sebagai ‘daya penarik’ ikan atau udang.

Menghilangkan Bisa Terkena Gigi Ikan

Sebaiknya apabila terkena gigitan ikan spt. Ikan Jenahak, Malong,alu-alu dan sebagainya dianggota badan terutama jari, cepat-cepat ambil air laut tempat anda memancing dengan tangan kanan dan teteskan kedalam mulut dan telan sedikit air tersebut. Rasa bisa serta denyutan akan berkurangan dan balulah luka tersebut dengan kain bersih.



Sumber : http://castingteam.blogspot.com/

Memahami Karakter Ikan dan Kondisi Alam Supaya Sukses Memancing

Ada artikel yang bermanfaat untuk para pemancing air tawar.
Untuk yang Casting mania jangan kecewa,  mungkin artikel ini bermanfaat juga dan yang penting menambah ilmu.

Sebelum memancing kita harus memiliki peralatan yang cocok dan memadai untuk suatu target mancing. Dan harus memahami lingkungan ikan dan kebiasaan makan ikan. Untuk memancing di kali/sungai dibutuhkan pemahaman penempatan lokasi pancing yang benar dan pergerakan pancing setelah dilempar, saat terbawa arus.

Tips Memancing Di Danau

Dalam mincing di danau diperlukan pemahaman tentang danau tersebut, apakah dasar danau Lumpur atau pasir. Ini yang akan membedakan teknik mancingnya. Untuk memilih umpan dan rangkean kail yang disesuaikan dengan target ikan. Pada umunya di danau banyak dihuni ikan nila dan ikan mas.

Untuk ikan nila diatas 1kg biasanya ikan tersebut suka berpindah-pindah tempat. Oleh karena itu umpan harus minimal 30 cm dari dasar danau. Batu yang berlumut merupakan spot yang bagus untuk memancing ikan nila. Tipsnya, cari batu yang belumut ditepi danau lalu letakkan didaerah yang kiranya spot ikan nila lalu anda memancing dengan umpan lumut juga. ( lempar pancing anda dekat dengan batu yang berlumut tadi).

Untuk Mendapatka ikan yang besar harus mengunakan rangkaian yang sesuai, tips kali ini cara membuat rangkaian khusus memancing ikan besar yaitu menempatkan 2 mata pancing diatas pemberat dan 2 dibawah pemberat.

Ciri ikan besar adalah selalu berpindah – pindah / lari-lari dan tidak menetap disatu lokasi. Kecuali ditempat tersebut terdapat batu untuk berlindung. Upayakan koordinat umpan diatas 30 cm dari dasar danau. Kalau danau dasarnya pasir maka mungkin ikan masih mau mencari makan didasar. Untuk ikan dasar yang berpasir, umpan yang cocok adalah udang air tawar.

 
 
Mancing disekitar Keramba

Hal yang perlu diperhatikan untuk memencing ikan disekitar keramba yaitu pakan yang sering diberikan oleh pemilik keramba. Biasanya ikan yang berada diluar keramba mancari makan dari sisa makanan ikan yang berada di dalam keramba.

Untuk ikan yang berada di pertengahan gunakan rangkaian, timah pemberat diatas, lalu kail/mata pancing dan yang terakhir pelampung.














dikutip dari : Tabloid Fortuna

Teknik Casting dan Jenis-Jenis Lure

JENIS-JENIS LURE
Berikut ini merupakan penjelasan mengenai berbagai jenis lure :

Lure Minnow
seperti yang terlihat pada gambar, Lure minnow adalah sejenis ikan kecil yang bergerak secara alami seperti ikan. Kebanyakan lure jenis minnow merupakan tiruan bentuk dan warna ikan yang hampir sama persis. Lure ini digunakan pada fresh water dan salt water, biasanya effektif pada saat ikan sedang lapar dan rakus. Lure jenis ini tersedia dalam berbagai jenis kedalaman, shallow type untuk target ikan yang relatif tidak dalam (dekat dengan permukaan), deep type untuk target ikan yang bermain di kedalaman, floating type merupakan lure yang bermain dipermukaan dan sinking type merupakan lure yang cepat sekali tengelam untuk target ikan didekat dasar.


Lure Top Water
Lure jenis ini menggoda/menarik ikan di permukaan. Lure ini beraksi seperti ikan kecil yangpanik dan lari menjauh. Lure ini sangat effektif untuk memancing ikan yang bermain disekitar permukaan. Yang termasuk lure jenis ini antara lain jenis pencil dan Lure popper yang menciptakan cipratan dipermukaan dan menimbulkan bunyi yang menggoda ikan.


Lure Vibration
Lure Vibration ini menghasilkan gerakan bergetar yang tinggi dengan bergoyang-goyang untuk menarik ikan bahkan dalam perairan dingin atau dengan jarak pandang yang rendah.


Lure Metal Jig
Lure Jig yang terbuat dari timah yang tengelam sambil bergoyang dan mengkilat permukaannya. Lure Jig ini biasanya untuk target perairan dalam, tapi bisa juga untuk target perairan sedang tergantun kondisi arus. Bisa digunakan untuk casting dari pantai untuk jigging di tengah (tergantung berat dan bentuknya).


Target Water Range by Lure:


WARNA LURE
Ada banyak macam warna lure. Pemancing kadang bingung dalam memilih warna lure.

Warna lure terbagi atas 2 macam pola yaitu natural color yang mencontoh bait fish atau ikan mangsa dan yang kedua warna-warna mencolok yang kontras/menyolok yang menggoda didalam air. Warna natural terdiri dari hitam, biru, hijau, coklat pada sisi punggung lure. Warna mencolok terdiri dari hijau kekuningan, oranye, merah dan sebagainya.
Warna-warna natural menggoda selera makan ikan sementara warna mencolok menggugah rasa ingin tahu ikan.
Warna effektif untuk untuk menarik perhatian ikan yang sudah kenyang adalah warna mencolok dibanding warna natural/alami. Dengan kata lain warna lure dengan warna alami cocok untuk ikan yang lapar.

PRAKTEK MEMANCING
Lure Minnow

Kebanyakan ikan-ikan kecil bermain dibalik karang ketika air pasang dan karang berada didalam air. Ikan besar pendatang biasanya datang ke lokasi ini untuk memakan ikan-ikan kecil ini.
Jika lokasi ini agak dangkal, dan kondisi air dan karang seperti diatas, penggunaan lure minnow bisa dipraktekan. Lure yang bisa di lempar jauh sangat direkomendasikan untuk menjangkau daerah yang lebih dalam.


Lure Top Water (permukaan)

Ketika ikan-ikan kecil dikejar oleh ikan besar dipermukaan, pilih lure permukaan seperti lure popper. Mainkan rod dengan hati-hati untuk membuat cipratan seolah2 ikan sedang menerkam mangsa.


Lure Vibration

Lure Vibration ini direkomendasikan sebagai lure pencari di air dalam ketika spot ikan bermain sulit ditemukan, penggunaannya mudah hanya dengan menggulung tali pancing dengan reel.


Lure Metal Jig

Jika ingin cast ke jarak yang lebih dalam dan lebih jauh, lure metal jig sangat berguna. Lure metal jig kecil dapat dilempar sangat jauh dan dapat menyelam lebih dalam dari lure dari plastik atau kayu.
Ikan target untuk lure jenis ini adalah ikan yang bermain di dasar dan pertengahan. Ketika menggunakan lure metal jig ini, pemancing harus memainkan rod keatas dan kebawah agar jig dapat bergerak sesuai dengan yang kita inginkan.

Diterjemahkan dari http://www.duel.co.jp/

Selasa, 08 Desember 2009

Tips and Triks Mancing Ikan Mas-Tombro1



  1. Kolam yang airnya warna hijau, artinya air yang tidak lancar sirkulasinya. Bahkan mungkin air yang tidak jalan sirkulasinya. Kalau sirkulasi tidak jalan, maka sisa umpan mengendap banyak, lumut dan tanah serta lumpur di dasar empang banyak.
Jika demikian, maka umpan yang jatuh ke dasar kolam akan "tertelan" oleh :
- banyaknya lumpur,
- bau-nya dasar kolam,
- sisa umpan dan kotoran lainnya.
Untuk itu, maka perlu umpan yang bisa menyaingi kondisi tersebut, dengan cara menambahkan banyak wewangian dan essence-essence, namun ramuan essence dan wewangian ini, formulasi dan jumlahnya, berbeda untuk setiap kolam.
Makanya, harus banyak mencoba, di tempat yang sama, kalo bisa dilapak yang sama 4 atau 5 kali mancing disitu, coba-coba formulasi umpan.
Air warna hijau pekat, tidak ada sirkulasi, tidak pernah dikuras trus tiap hari dipake buat mancing. Emang kalo kondisi empang kaya begini Ikan pada mabok and susah makan. Pernah ane ikut lomba di empang ini, dapet juara total, itupun cuma 6 ekor. Umpan yg gw pake: umpan Kang ito-Pandan, dancow 1 sachet, deho 1klg, telor bebek 2btr, kroto 1 ons, trus gw tambahin essece amis secukupnya (choya & tuna).

2.      Pagi menjelang siang (cuaca cerah):
- Jam 08 s.d 11.30 : Ikan cenderung rakus memakan umpan , kita siapkan umpan beraroma amis (umpan ini disukai ikan mas diwaktu pagi) karena aroma amis sangat digemari oleh ikan mas...bila cuaca masih keadaan panas pakai umpan yg beraroma amis trus...usahakan agar lempar umpan dlm 1 spot saja (jng ditinggalkan), penggunaan umpan amis ini hanya sampai waktu antara jam 08.00 s.d jam 02.30 siang..!
Pagi menjelang siang (cuaca mendung dan mau hujan):
- Jam 08 s.d 11.30 : Ikan cenderung kurang makannya, siapkan umpan yg beraroma harum (wangi)...jng pake umpan yg amis...krn hawa amis akan pudar bila cuaca mendung dan apalagi hujan...bila ada umpan dr umbi2an siapkan tuk mencari ikan super/babon..menurut mengamatan ak...relatif hampir 75% ikan super gemar makan umpan yg dr umbi2an (warna kuning)
Bila kita ketahui waktu2 tertentu dr keadaan alam baik panas or hujan...kita siapkan umpan dlm bentuk 3 jenis umpan :
Siapkan umpan : - Amis (tambahan deho)
-         Wangi (tambahan pandan)
-         Umbi2an (biasanya aromanya sedikit wangi) itu sedikit trik or info yg menurut pengamatan ak yah...kl sedikit meleset maaf yg sebesar2nya apalagi buat para pakar pancing... mudah2an ada manfaatnya

3.      Kolam itu ada yang airnya mati dan jalan ( ngalir ), yang saya tau untuk air mati harus berbau amis ( ngga harum ) dan untuk air yang ngalir itu biasa saya pake yang bau nya enak ( ngga hambar ato harum ), dan untuk ikan super biasanya akan cepet makan apabila ada berbau daun pandan..

4.      Untuk mata kail..pake yg no 4 and 5 saja...pilih yang bermerek and biasa dipakai oleh pemancing2 and pakar2 karena setiap pemancing pasti berbeda merk pancing...!!!
Tips sedikit buat mata kail :

  • Tuk penggunaan mata kail buat mancing ikan mas..pergunakan no. 4 and 5
  • Pilih yang mermerk and kuat...usahakan cari mata kail yg ujungnya runcing
  • Setelah acara memancing...cuci mata kail segera mungkin agar tidak berkarat or bisa terjadi pemuaian dr bajanya
  • Penempatan mata rangkaian mata kail di jadi satu dengan menempatkannya di wadah yg lembut...seperti gabus, busa dll...agar kenur-nya tidak cepat ketas/putus and kenur tidak keriting...
5.      Tips dasar seorang pemancing (dlm segi tehnik):
  • Dasar dari ikan mas adalah cenderung makan yg beraroma amis or aroma harum, kita harus peka akan keadaan ikan mas tersebut...maksudnya ikan yg biasa dikolam tuk lomba biasanya menggunakan umpan amis or beraroma wangi???cari info...ini adalah langkah awal yg harus diketahui tuk seorang pemancing apalagi yg masih baru..(yang ingin turun dlm kalangan lomba) 
  •  Lihat kadaan air...blower...and kondisi alam...misalnya..ikan mas getol banget makan umpan kl udara di waktu panas...dijamin...ikan mas main samber umpan.
  • Siapkan Umpan sedemikian sempurna + pd (percaya diri) ma umpan yg kita buat. usahakan umpan yg kita buat awet sampai menjelang lomba berakhir (ini sering dilupakan pemancing...kl perlu di waktu siang kita rajin ngendusin (yah spt anjing pelacak lah) umpan kita..apakah masih bisa and layak dipakai or dach basi??)
  • Usahakan kita jeli arah ikan sedang berkumpul...waktu di blower...atau umpan bom waktu kita melepaskan umpan...(yg lebih baik lagi...lihat rembesan di air...bila ada gelembung2 kecil dan membentuk bulatan...cobalah umpan kita letakan disana...tp jng sampai ikan kabur..perlahan2 dan tinggalkan umpan pasti umpan kita akan disambarnya).
6.   Karena karakter Ikan Mas makan umpan dg gaya nungging maka mata kail beserta umpannya pun diletakkan agak menyentuh dasar kolam.

7.      Kenur Tanda Umpan dimakan ikan :
  • Kenur ngacir2.
  • Kenur cuma ngendor.
  • Kenur cuma gerak ndut2an.
  • Kenur gak ada pergerakan tapi pas mau ganti umpan ada ikannya (makan tidur).
  • Kenur menegang.
8.      A.  Aroma Umpan
Ikan lebih menyukai aroma/wangi seperti apa?
Untuk ikan mas... ada tiga macam jenis umpan:
Umpan wagi, Umpan amis, dan Umpan amis wangi.

Tujuan mencampur beberapa essen dalam umpan..apakah untuk menciptakan aroma/ Wangi baru??
Essen hanya membantu agar umpan menjadi beraroma.
Essen bukan menciptakan aroma "baru", kita hanya memilih aroma apa yang ikan sukai.

B.   Rasa Umpan:
Rasa apa yg lebih disukai oleh ikan??
Ikan tidak mencicipi rasa tapi mengenal aroma (beberapa jenis ikan tidak punya lidah jadi tidak akan tahu rasa: ikan mas jenis ikan yg tidak punya lidah).
Untuk mendekteksi umpan, ikan menggunakan 3 indra.
·        Indra penciuman untuk mencari bau/aroma umpan.
·        Indra penglihatan untuk mencari mangsa.
·     Indra sensorik untuk mencari keberadaan umpan (mangsa sakit, ketakutan, smaput, kejet2, atau umpan olahan).

Tujuan penambahan 'sasa & royco ' pada umpan??? ( sebagian ada yg pake )
Ini bukan ke arah rasa tapi kearah aroma... aroma kaldu yg di hasilkan bumbu penyedap adalah faktor utama.

Tujuan pencampuran dari berbagai macam bahan umpan??
Mancing ikan mas adalah mancing yg paling ribet dan pemancing biasanya berusaha untuk berkreasi untuk mendapatkan umpan yg paling Josss.
Tujuan adalah mencari umpan yg paling di sukai ikan.

Apakah dalam membuat umpan hanya bertumpu pada " Aroma & Rasa "??
Sekali lagi... umpan ikan tidak berdasar rasa tapi berdasar aroma.
Membuat umpan bisa di lakukan dengan bertumpu dari cara ikan mencari makan...
Coba perhatikan 3 indra yg dijabarkan di atas.

Untuk umpan ikan kolam/freshwater ada 3 jenis umpan...:
●  Umpan hidup (livebait): cacing, ulat, serangga, cicak, laba2, orong2, undur2, laron, bilatung dll.
●    Umpan Bohongan/Mainan (lure): minnow, spinner, minipopper, spoon, softplastic, dll.
●    Umpan Olahan: Pelet, Aci, Ongol-ongol, Cendil, Roti, dll.

9.   Mengukus, setelah selesai buka umpan yang dikukus & biarkan umpan dingin agar uapnya menguap. Karena bila mengandung air umpan akan cepat basi.

10.  Katulampa, harus dikukus bareng agar tidak menghilangkan rasa umpan/merusak selera makan ikan.

11.  Santan/Kara, rebus sampai berbentuk pasta (mengeluarkan minyak lalu didinginkan) baru di campurkan dengan adonan umpan.

12.  Umpan sudah jadi, rajin-rajinlah menutup umpannya.

13.  Pengeras, usahakan beraroma yang netral agar rasa umpan terjaga.

14.  Kroto, ambil putihnya saja. Bisa diseduh 15 mnt atau kukus ± 10-15 mnt untuk menhindari basi.

15.  Kuning Telur, aduk/mixer sampai rata/halus baru dicampur dengan adonan/bahan lainnya.

16.  Daging, rebus segala bahan berbahan dasar daging ikan dengan ½ matang.

17.  Ikan Baru/Masih Utuh, tambahan umpannya : Ubi jalar rebus/Santan Kelapa.

18.  Ikan Hasil Pembesaran Air Deras, tambahan umpannya : Pelet Super

19.  Ikan Sakit/Kenyang/Bekas Terkail, tambahan umpannya : Kuning telur rebus/Tepung Cacing kering.

20.  Cairkan dahulu untuk bahan : Keju, Roombutter Weisdjmans, Susu (bubuk).

21. ……………… Mohon ditambahkan ……….
(By : Jalod)

 

Pengikut

Slide

Loading...
Bagikan Bagikan
Top Fishing Websites at TopFishingSites.Com Add to Technorati Favorites Monitor link cyber-lake.com Top Fishing Sites

MANCING MANIA Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template