blog-indonesia.com JAGA-PELIHARA-LESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP INI - BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA, TANAM TANAMAN PADA LAHAN KOSONG, MINIMALISIR PENGGUNAAN AIR BERSIH, KURANGI BERKENDARAAN blog-indonesia.com

Rabu, 22 Juli 2009

Persiapan Mancing Bandeng

Bila anda ingin mencoba mancing bandeng berikut adalah beberapa saran yg harus anda persiapkan. Memancing bandeng bisa di lakukan di laut atau di tambak-tambak bandeng di pesisir pantai. Memancing ikan bandeng memang punya sensasi tersendiri. Biasanya orang yg sudah mancing bandeng akan ketagihan untuk memancing ikan bandeng kembali.

Saat strike ikan bandeng… jika anda menggunakan pelampung ketika memancing…pelampung anda pastinya akan langsung terlelan hilang masuk ke dalam air. Lalu kita harus pandai memainkan Joran dan drag reel karena ikan bandeng berenang kesana-kemari dengan kecepatan tinggi, terkadang ikan sampai melompat-lompat. Ikan bandeng masih tetap bandel dan melawan dengan liar saat masih tergantung di tali pancing, ikan bandeng bisa meronta dengan keras dan kadang lepas dari mata kail yang akhirnya tercebur lagi ke kolam. Sering juga terjadi ikan lepas dan jatuh ketanah.

http://www.youtube.com/watch?v=kX0Oo43N9eI
http://www.youtube.com/watch?v=oy8gYUiHG6E

CopyPaste dari Milkfish - Wikipedia, the free encyclopedia
The milkfish, (Chanos chanos), is an important food fish in Southeast Asia and is the sole living species in the family Chanidae. (About seven extinct species in five additional genera have been reported.) Milkfish have a generally symmetrical and streamlined appearance, with a sizable forked caudal fin. They can grow to 1.7 m but are most often about 1 meter in length. They have no teeth and generally feed on algae and invertebrates. They occur in the Indian Ocean and across the Pacific Ocean, tending to school around coasts and islands with reefs. The young fry live at sea for two to three weeks and then migrate to mangrove swamps, estuaries, and sometimes lakes and return to sea to mature sexually and reproduce.


Persiapan untuk memancing ikan bandeng.
  1. Bawa Sunblock (lotion), Topi (kalo perlu payung yg bisa ditancapkan ditanah), Kaos lengan panjang, Kacamata Hitam.
  2. Kalo musim hujan bawa raincoat (jas hujan)
  3. Bawa minimal 2 joran, jika ada masalah seperti kusut dengan pemancing lain, putus atau lainnya, anda tidak kehilangan moment strike.
  4. Bawa Minum yang banyak, supaya tidak dehidrasi
  5. Siapkan Kain Lap atau sarung tangan, supaya ikan bandeng yang kita dapat tidak mudah lepas. Sarung tangan bisa anda pakai ditangan sebelah kiri/kanan sedangkan tangan yang lain untuk memegang joran atau memasang umpan.
  6. Bawa uang yang cukup, jika anda sedang mujur strike, dompet anda bisa terkuras, umumnya memancing ikan bandeng dibayar dengan cara kilo-an.

Peralatan Mancing Bandeng:
  1. Joran/tackle: Gunakan joran casting dengan action M, Panjang 150 – 180 cm, rating 3 – 8 lbs.
  2. Reel: Gunakan reel dengan seri 2000-2500, merek biasakan dengan yg sudah teruji, seperti shimano, daiwa, ryobi, dll. Kalo bisa dengan minimum 2 bearing.
  3. Matakail : Pakai no 3, 4, atau 5.
  4. Timah Pemberat: Pakai timah bulat no. 4 atau timah melinjo (peluru).

Rangkaian:
  • Glosor, buat rankaian glosor dengan 3 matakail.
  • Pelampung, gunakan pelampung sebesar bila pingpong. Susunan rangkaian (dari atas kebawah): stopper, pelampung, timah pemberat, kili-kili, matakail (bias tunggal, sentral cabang 2, atau sentral cabang 3).
  • Pelampung, gunakan 1 pelambung besar (sebesar bola pingpong) dan 1 pelampung kecil (lebih kecil dari pelampung pertama). Susunannya: stopper, pelampung kecil, rangkaian kail renceng (seperti renceng glosor), pelampung besar, timah.
  • Casting dengan menggunakan lure.

Umpan:
Biasanya umpan tergantung dari pemberian pakan oleh petani tambak di daerah bersangkutan. Amati jenis pakan tersebut.

Ada beberapa jenis umpan yang umum di gunakan utk mancing bandeng :
  • Roti Reject/Roti ex pabrikan. Caranya cukup di ulir di matakail,
  • Pellet merah ikan KOI. Caranya bisa di seduh air panas saja atau di campur(kocok) dengan telur mentah (bebek atau ayam). Tetapi jangan di bejek. Biarkan seperti benntuk aslinya (butiran) pellet. Cantolkan pellet di matakail 1 s/d 3 butir,
  • Pellet olahan : pellet coklat, sarden, essen teggiri/choya,
  • Udang : cantolin aja udang kupas di kail,
  • Lure : minnow, popper, mute/penghapus pensil merah, ETC.

Tips mendeteksi keberadaan ikan bandeng:
  1. Ikan bandeng biasanya menelusuri kolam/tambak dengan bergerombol,
  2. Tidak seperti memancing ikan mas, kita harus sering berpindah posisi jika umpan yang kita lempar tidak disentuh ikan bandeng dengan waktu yang cukup lama. Perhatikan kecipakan ikan bandeng, biasanya disanalah mereka berkumpul,
  3. Untuk menyiasatinya, lakukan cumming dengan pellet bom, sehingga ikan dpt berkumpul.

Tips bila angin bertiup kencang.
Karena lokasi pemancingan bandeng umumnya tidak jauh dari pinggir laut, biasanya angin cukup kencang, hal ini bisa menimbulkan riak gelombang ditambak. Jika hal ini terjadi hindari penggunakan rangkaian berpelampung, coba saja dengan rangkaian glosor.

Jika anda tetap ingin menggunakan pelampung, coba berpindah posisi dan cari lokasi dengan riak gelombang yang tidak terlalu besar dan membelakangi arah angin sehingga lemparan umpan anda sesuai dengan arah angin. Jangan melempar umpan ke arah air yang beriak/gelombang besar.

Tips agar benang tidak kusut ketika mancing Bandeng:
  • Bila strike usahakan menarik ikan secepat mungkin ke darat. Jangan terlalu lama menahan ikan dan membiarkan ikan bermain di dalam air,
  • Mainkan drag reel dan kendalikan joran agar arah ikan berlari terkendali,
  • Jaga jarak dengan pemancing lain. Jangan terlalu berdekatan,
  • Kencangkan tegangan kenur ketika memancing. Begitu srtrike gulung reel cepat-cepat,
  • Gunakan sarung tangan atau lap untuk menangkap ikan bandeng.

Jika anda Perokok:
Usahakan agar umpan tidak tercemar bau rokok (biasanya tangan anda akan berbau rokok saat memasang umpan ke mata kail), siapkan lap basah untuk menghilangkan bau rokok ditangan anda tersebut sebelum memasang umpan kekail.

Waktu mancing yang baik:
Cuaca tidak mendung alias cerah, umumnya jika tidak ada sinar matahari, ikan bandeng kurang bernafsu/malas. Jam yang baik untuk memancing bandeng jika sinar matahari sudah menyorot adalah sekitar jam 9 pagi hingga 12, setelah itu ikan agak sulit makan dan mulai bangun makan lagi sekitar jam 3 sore.

Kendala Cuaca:
Ikan bandeng tambak hidup di air payaw (asin & tawar), jika habis turun hujan bisa menyebabkan air tawar menjadi lebih banyak dari pada air asinnya. Menyebabkan nafsu makan ikan bandeng menjadi berkurang, umpan sehebat apapun jika ikan kurang nafsu makan. Jangan terlalu berharap strike bisa cepat. Pasang surut air laut juga berpengaruh, saat sedang surut biasanya kedalaman air di tambak terlalu rendah sehingga ikan bandeng rada sulit dipancing. solusinya coba cari lokasi yang memiliki ke dalaman tambak yang cukup dalam.

Bandeng dapat diperoleh melalui casting dengan umpan buatan seperti:
  1. Popper, Floating Minnow, atau apapun juga yg bisa mengapung dan diberi treble. Cara ini harus (mutlak) dengan membuat bandeng-nya 'feeding frenzy' dahulu dengan cara menebar makanan mereka (pellet/roti). Lalu sementara bandeng 'boiling' lagi memakan umpan, lemparkan umpan persis ditengah2nya. Walaupun umpan tidak bergerak sama sekali, kemungkinan strike akan besar. Bahkan sering mancing dengan fly gear, fly line-nya yg floating 'pun suka 'digigit' juga ! Cara ini akan memperoleh 'hook-up' yg sempurna, pada mulut bandeng,
  2. Spoon, Metal slug, Sinking Minnow atau apapun yg bisa menyelam (mis: timah pemberat diberi treble). Cara ini juga dikenal dengan teknik meng-'garong' (teknik 'sengget' kalau di Jatim). Dengan cara ini bandeng tidak perlu dibuat 'feeding frenzy' dahulu. Tinggal lemparkan umpan sejauh mungkin lalu gulung sambil disentak-sentak... Hook-up dipastikan bukan di mulut bandeng, melainkan bisa di perut, ekor, sirip punggung, dsb. Dan bandeng pasti larinya akan 'kesetanan', jauh lebih 'kuat' daripada hook-up 'normal' di mulut... Hanya sayangnya, sekarang sudah tidak boleh lagi melakukan hal ini, krn dilarang pemilik kolam. Soalnya kalau sampai lepas/mocel, bandeng bisa mati terluka di badannya...
  3. Pellet fly, ini khusus mancing dengan teknik fly fishing. Atau menggunakan umpan pellet fly tapi dng menggunakan spinning/BC outfit? Dengan pakai umpan ini, hook-up akan perfect di mulut, kadang malah sampai tertelan jauh masuk dalam mulut umpannya. Sebelum mancing, kalau bandeng dibuat 'feeding frenzy' dulu akan membuat anda tidak akan berhenti menghajar ikan....


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda sangat berarti sekali buat perkembangan blog ini, Terima kasih...

 

Pengikut

Bagikan Bagikan
Top Fishing Websites at TopFishingSites.Com Add to Technorati Favorites Monitor link cyber-lake.com Top Fishing Sites

MANCING MANIA Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template