blog-indonesia.com JAGA-PELIHARA-LESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP INI - BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA, TANAM TANAMAN PADA LAHAN KOSONG, MINIMALISIR PENGGUNAAN AIR BERSIH, KURANGI BERKENDARAAN blog-indonesia.com

Rabu, 04 November 2009

Produsen Ikan Terbesar Dunia


Potensi sumber daya alam Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi, khususnya sumber daya laut. Jika dikelola dengan baik, bisa menjadi penopang perekonomian Indonesia. Saat ini, negara Indonesia masih merupakan produsen penangkapan ikan nomor empat di dunia dan bukan tidak mungkin menjadi nomor satu kedepan.
“Setiap tahun hasil produksi ikan yang didapat sebanyak 64 juta ton, dan berpotensi berkembang lebih besar jika ditangani dan dikelolah secara optimal,” kata Dirjen pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Departemen Kelautan dan Perikanan, Aji Sularso di Manado, Kamis.
Selain itu katanya, pengelolaan budidaya dan produksi ikan tawar di Indonesia, setiap tahun juga bisa menghasilkan sebanyak lima juta ton.
Produsen ikan terbesar di dunia saat ini kata Aji masih dikuasai China, dengan penghasilan sebanyak 100 juta ton lebih, karena memiliki wilayah laut besar serta diperkuat dengan armada dan teknologi memadai.
“Indonesia bisa menjadi super power pengelolaan perikanan tangkap di perairan manapun dalam jangka waktu lima tahun kedepan, karena memiliki wilayah laut yang besar,” katanya.
Pemerintah Indonesia terus memerangi upaya penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing), selain merugikan kepentingan ekonomi bangsa Indonesia, juga merusak biota laut.
Pemerintah Indonesia telah melakukan kerjasama dengan sejumlah negara tetangga terkait aksi pencurian ikan secara ilegal, sehingga bisa terkontrol dengan baik. “Memang perlu juga peningkatan kemananan laut secara memadai, dengan meningkatkan armada kapal-kapal milik TNI atau kepolisian,” ungkapnya.(*z/an)

Sumber : http://matanews.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berarti sekali buat perkembangan blog ini, Terima kasih...

 

Pengikut

Bagikan Bagikan
Top Fishing Websites at TopFishingSites.Com Add to Technorati Favorites Monitor link cyber-lake.com Top Fishing Sites

MANCING MANIA Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template