blog-indonesia.com JAGA-PELIHARA-LESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP INI - BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA, TANAM TANAMAN PADA LAHAN KOSONG, MINIMALISIR PENGGUNAAN AIR BERSIH, KURANGI BERKENDARAAN blog-indonesia.com

Senin, 27 Juli 2009

Arena Pemancingan Ekowisata Mangrove Pluit Diminati Warga

JAKARTA--Kawasan Ekowisata Mangrove Tol Sudyatmo, Pluit, Jakarta Barat, selain sebagai tempat berwisata juga dijadikan arena pemancingan.

"Kawasan ini juga menawarkan kepada masyarakat yang ingin memancing sambil menikmati pemandangan hutan mangrove," ungkap petugas Jagawana kawasan Ekowisata Mangrove Tol Sudyatmo, Riswan di Jakarta, Kamis.

Setiap hari, tak kurang 100 orang berkunjung dan sebagian besar kata dia untuk memancing.

"Sebenarnya, kawasan ini lebih diperuntukkan sebagai tempat rekreasi, namun dari 100 orang yang pengunjung setiap hari, mereka umumnya hanya datang untuk memancing," kata Riswan.

Bahkan, pada Sabtu dan Ahad, dilaporkan Antara, jumlah warga yang berkunjung mencapai 500 orang dan lebih 50 persen kata Riswan merupakan warga yang hendak memancing.

Bagi warga yang akan memancing pengelola menetapkan tarif Rp20 dan Rp25 ribu.

"Tarif bagi warga yang ingin memancing ada dua yakni, memancing dengan per kilogram ataupun harian. Jika warga yang berhasil memancing ikan seberat satu kilogram, mereka dikenakan biaya Rp25 ribu," katanya.

"Kami juga menawarkan tarif Rp20 ribu bagi warga yang ingin memancing dengan bebas, mulai pagi hingga sore," ujara Riswan.

Jenis ikan yang dikembangkan di kawasan Ekowisata Mangrove Tol Sudyatmo yakni, ikan Bawal, Nila serta ikan Mas, katanya.

Salah seorang warga, Evan mengaku, hampir setiap hari memancing di kawasan Ekowisata Mangrove Tol Sudyatmo.

"Disini, tempatnya teduh dan jauh dari kebisingan. Selain memancing, kita juga bisa menikmati keindahan alam seperti di pedesaan," ungkap Evan.

Warga lainnya, Hasan mengungkapkan dia memilih kawasan Ekowisata Mangrove Tol Sudyatmo sebagai arena pemancingan karena suasananya yang teduh.

"Tidka seperti di tempat pemancingan lain, di kawasan ekowisata mangrove ini hutannya sangat rimbun sehingga kita tidak kepanasan saat memancing," ujarnya.

Sayangnya kata Hasan, ikan yang ada di kawasan itu jumlahnya masih sedikit sehingga mereka kadang tidak mendapatkan ikan.

"Kami berharap, pengelola bisa menambah ikan agar warga yang memancing tidak kecewa. Belum tentu dalam sehari bisa dapat ikan. Tapi, kami cukup puas dengan suasana alam yang sejuk di tempat ini," ungkap Hasan.

(http://www.republika.co.id/berita/54599/Arena_Pemancingan_Ekowisata_Mangrove_Pluit_Diminati_Warga)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda sangat berarti sekali buat perkembangan blog ini, Terima kasih...

 

Pengikut

Bagikan Bagikan
Top Fishing Websites at TopFishingSites.Com Add to Technorati Favorites Monitor link cyber-lake.com Top Fishing Sites

MANCING MANIA Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template