blog-indonesia.com JAGA-PELIHARA-LESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP INI - BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA, TANAM TANAMAN PADA LAHAN KOSONG, MINIMALISIR PENGGUNAAN AIR BERSIH, KURANGI BERKENDARAAN blog-indonesia.com

Kamis, 30 Juli 2009

Macam-Macam Kolam Pancing

Dulu kita bisa memancing dimana-mana, saat ini kita hanya bisa memancing di tempat-tempat tertentu kecuali laut, sungai atau sawah (itu juga kalo belum jadi perumahan). Dan yang akhir-akhir ini jadi tujuan para mancing mania adalah kolam/empang. Untuk memancing di empang ini biasanya dibagi menjadi beberapa kategori, ada kolam harian, kiloan dan kolam untuk lomba (istilahnya galatama).

  • Kolam kiloan

Di kolam ini ikan yang didapat akan ditimbang lalu dikalikan dengan harga ikan perkilonya tergantung jenis ikan. Harganya pun bervariasi yang jelas semakin banyak kita dapat ikan semakin besar pula uang yang harus kita keluarkan. Tapi untuk pemancing pemula lebih asik mancing seperti ini karena biasanya ikan lebih banyak dan mudah dipancing. Untuk mensiasati masalah keuangannya kita bisa kira-kira ikan yang kita dapat dengan uang yang kita punya.

  • Kolam Harian

Pemancing membayar tarif untuk memancing satu hari (biasanya dari pagi sampai sore). Besar tarifnya pun bervariasi, dan yang unik dari kolam ini adalah jumlah ikan biasanya sedikit dan ikanpun biasanya agak susah dipancing. Tapi disitulah seninya, biasanya mereka bertarung dengan mengolah umpan sedemikian rupa sehingga ikan mau memakan umpan yang mereka buat. Dan biasanya rata-rata usia dari pemancing di kolam harian ini sudah masuk masa pensiun. Mungkin agar tidak jenuh setelah mereka tak lagi bekerja atau bahkan yang terkena phk di tempatnya bekerja biasanya ikut bergabung di kolam ini. Maklum biaya yang dikeluarkan tak sebanyak mancing kiloan. Seperti salah satu kenalan saya, setelah pensiun dari dinasnya beliau membantu istrinya dengan membuat usaha pepes ikan kecil-kecilan dari hasil memancing, dari pada bengong di rumah katanya. Sekalian mengisi waktu dengan hobby yang akhirnya jadi bermanfaat. Dari pada stroke di rumah mending kita strike di kolam beliau sering berkilah.

  • Kolam Lomba/Galatama

Kolam ini memang dikhususkan bagi para pemancing yang mencari sensasi tertentu. Namanya saja sudah lomba biasanya pemancing saling bersaing untuk dapat menjadi pemenang tergantung dari peraturan pelaksana lomba. Biasanya ukuran ikan di kolam ini besar-besar bahkan seringkali bisa membuat tali pancing kita putus karena tidak kuat menahan beban ikan. Biasanya kolam ini disukai oleh pemancing dengan pengalaman dan teknik memancing yang mumpuni. Saya sendiri pernah mencoba ikut memancing di kolam ini hasilnya mudah ditebak, saya tidak dapat ikan satu ekorpun. Untuk lomba biasanya panitia sudah menyediakan umpannya jadi benar-benar teknik dan pengalaman memancing yang berbicara.

Saya yakin mungkin sudah banyak mancing mania yang berbagi pengalaman memancingnya. Jadi saya pikir tak ada salahnya juga untuk membagi pengalaman saya di sini. Karena akan terus hadir cerita-cerita, tips dan trik tentang memancing dari saya.

1 komentar:

Komentar Anda sangat berarti sekali buat perkembangan blog ini, Terima kasih...

 

Pengikut

Slide

Loading...
Bagikan Bagikan
Top Fishing Websites at TopFishingSites.Com Add to Technorati Favorites Monitor link cyber-lake.com Top Fishing Sites

MANCING MANIA Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template