blog-indonesia.com JAGA-PELIHARA-LESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP INI - BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA, TANAM TANAMAN PADA LAHAN KOSONG, MINIMALISIR PENGGUNAAN AIR BERSIH, KURANGI BERKENDARAAN blog-indonesia.com

Senin, 13 Desember 2010

Kenapa ikan mas doyan pelet?

Ikan mas menyukai jenis umpan tertentu seperti pelet, lebih disebabkan oleh  faktor yang mempengaruhi pola makannya selama dalam masa masa hidup (masa pertumbuhan, memijah dst). Secara insting, hewan mampu mengenali jenis makanan yang layak untuknya. Yang penting bisa dimakan dan mampu dicerna oleh perutnya (edible food). Jika ikan (karper) dalam masa pertumbuhannya hanya mengenal makanan alami seperti ganggang, lumut & tanaman air lainnya , crustacea, ikan-ikan kecil , buah-buhan dan serangga maka ikan tersebut akan lebih menyukai jenis umpan alami tersebut.
 
Tapi jangan lupa bahwa hewan (ikan) mampu beradaptasi dengan lingkungannya lebih cepat dari yang kita kira, apalagi ikan mas tergolong hewan yang rakus, sehingga walaupun ikan mas besar di tempat alami yang belum pernah ada umpan berbahan pelet jatuh di habitatnya, begitu ada manusia memberi makan berupa pelet atau umpan berbahan dasar ubi , maka ikan akan segera beradaptasi dan mengenalinya sebagai makanan. Pemancing pertama di tempat tersebut, ketika pertama kali mendapat ikan mas tentu akan meng-klaim bahwa hasil pancingannya didapat dengan bantuan umpan pelet sehingga demikian seterusnya sehingga dipercaya bahwa pelet adalah makan ikan mas.
 
Tentu kecenderungan ikan mas makan pelet akan mudah terpola pada ikan mas hasil pembudidayaan. Dari kecil ikan mas sudah dikenalkan dengan makanan berupa pelet. Contoh lain, bisa kita lihat juga pada empang galatama dimana ikan mas akan terpola menyukai jenis makanan tertentu setelah berkali-kali dibombardir, sagu, roti dll.
 
Kenapa pelet? Tentu ini merupakan kecerdasan manusia, karena sulit menyediakan makanan untuk pakan ikan budidayanya jika harus menyediakan umpan alami secara lebih murah dan kontinyu, maka dibuatlah makanan yang bahan, aroma, tingkat gizi mendekati karakteristik makanan alami dari jenis ikan yang dibudidayakan manusia. Maka dibuatlah umpan berupa pelet.
 
Ada banyak hal yang mempengaruhi ikan mas menyukai jenis umpan tertentu dan gambaran diatas adalah salah satunya.

By : Sulis
mancing_ikan@yahoogroups.com

8 komentar:

  1. Kira-kira dengan umpan buatan, misalnya dengan minow, popper dll ikan mas mau gak? Capek juga bikin racikan terus tapi malah gak dapat2. Trims

    BalasHapus
  2. bagus banget, menambah wawasanku yang baru -baru suka mancing. lihat juga blogku yang baru belajar di http://mancingarea.blogspot.com

    BalasHapus
  3. saya mau mulai usaha ternak ikan, mohon saran dari semua agar ikan yang akan mau saya ternak dapat tumbuh maksimal dan sehat , terima kasih sebelumnya.

    samuel aprialdi
    www.samuel-einfo-sukabumi.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Ikan yang terbiasa dipelihara pola makan alaminya akan berubah,meski begitu makanan alaminya masih tetap diminati.
    Ikan mas sekarang lbh banyak dijumpai diempang/pembudidaya,jarang yang ditemui dialam bebas,jadi lebih banyak kita tahu ikan mas doyan sama pelet.

    BalasHapus
  5. Boleh juga sich,Tapi jangan lupa dengan kondisi (kemujuran sipemancing),kalau kondisi jelek umpan racikan sebagus apapun g bakal berhasil....

    Saya juga punya tips :
    - mau berangkat mancing jangan bawa beban apapun apalagi pikiran
    - kalo mau ikut lomba jangan lupa bawa yang ber bua jampi-jampi Yach.....!!!!

    BalasHapus
  6. karena kalo doyan makan pisan itu orang utan wkwkwkwk

    BalasHapus

Komentar Anda sangat berarti sekali buat perkembangan blog ini, Terima kasih...

 

Pengikut

Slide

Loading...
Bagikan Bagikan
Top Fishing Websites at TopFishingSites.Com Add to Technorati Favorites Monitor link cyber-lake.com Top Fishing Sites

MANCING MANIA Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template