blog-indonesia.com JAGA-PELIHARA-LESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP INI - BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA, TANAM TANAMAN PADA LAHAN KOSONG, MINIMALISIR PENGGUNAAN AIR BERSIH, KURANGI BERKENDARAAN blog-indonesia.com

Selasa, 21 Juli 2009

Umpan Ikan Bawal Tawar

Untuk umpan ikan bawal darat kita bisa memakai jenis umpan apa saja karena jenis ikan ini memakan segala jenis umpan yang kita berikan, baik itu pelet, cacing atau bahan lainnya.
Di beberapa daerah empang pemancingan, tiap pemancing mempunyai trick dan resep umpan yang berbeda, seperti di daerah Pondok Kopi pemancing ikan bawal cenderung menggunakan tempe mentah sebagai umpan dengan tehnik glosor sedangkan di daerah cengkareng cenderung menggunakan cacing sebagai umpan dengan tehnik menggunakan umbul.
Tergantung dari kondisi empang juga. Kalo empang pemancingannya perputaran airnya tidak bagus lebih baik menggunakan pelet dengan essence yang menyengat.
Lebih baik kumpulkan dulu ikan dengan umpan pelet bom (karena bawal cenderung bergerombol) di satu titik lemparan. Rasa di pelet bom dan pelet umpan harus sama sehingga ikan langsung mengenal bau dan rasa sudah kita berikan sebelumnya dengan pelet bom.

Resep 1
umpan pake udang di kupas atau ati ayam di cincang.

Resep 2
utk bawal tuk galatama pake umpan warna putih N mencolok.....tempe, cacing, kerang, usus, daging ayam, ulet jerman/bambu/daun (biasa u/ pakan burung) yang terpenting asal bergerak perlahan jangan di diamkan, untuk menarik perhatian si ikan.

Resep 3
Pake Tempe mentah.
1. Potong tempe kecil2 menjadi bentuk Dadu
2. Cantolin deh ke kail, terus lempar dah....

Resep 4
ikan bawal kadang suka aneh ... sekarang pake tempe, hati, usus dll bsknya sudah gak mau tapi ada sedikit ramuan mudah2an berhasil :

1. Pake Anak Tawon
2. Pake Ulat hijau/ulat pisang
3. Umpan kuning

Resep 5
2 Kuning telor ayam sama 3 sachet dancow ... dicampur jadi 1 ....
umpan ini pernah dicoba diempang dapat 18 ekor ... karena baru di lempar sudah di samber sama ikan ... cuma 3 hari kemudian pake umpan itu malah gak di colek cacing juga yang dimakan ....

Resep 6
Kalo keongnya kegedean bisa dipotong2 kecil kecil ukuran dadu, semua isi keong bisa di pakai.
Intinya memang tuh ikan jenis yg kemaruk alias apa aja di hajar.


Selamat mencoba...
(Berbagai Sumber)






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda sangat berarti sekali buat perkembangan blog ini, Terima kasih...

 

Pengikut

Slide

Loading...
Bagikan Bagikan
Top Fishing Websites at TopFishingSites.Com Add to Technorati Favorites Monitor link cyber-lake.com Top Fishing Sites

MANCING MANIA Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template